Selasa, 09 Oktober 2012

Tips Menjaga Berat Badan Yang Simpel dan Murah

Banyaknya serbuan makanan instan membuat kita tergiur dengan segala tawaran dan teknik pemasarannya, tetapi kita sebaiknya berlaku sangat bijak bagi tubuh kita sendiri karena produsen makanan dan minuman yang bersangkutan tidak akan bertanggung jawab apabila kita menjadi ketagihan dan akhirnya obesitas, maka dari ittu selalu usahakan bawa makanan sendiri dari rumah atau teliti membaca tabel nutrisi..
tips untuk menjaga tubuh agar selalu ideal dan tidak obesitas:
1. perbanyak minum air putih, karena air putih dan membantu melarutkan lemak tetapi jangan air es karena akan membekukan lemak didalam lapisan bawah kulit. minum 2 gelas air putih sebelum makan besar sangat membantu melancarkan pencernaan ddan mencegah kita memakan makanan berlebihan, jangan minum saat sedang makan karena akan mengganggu kerja enzim dalam menyerap nutrisi makanan, selalu minum setelah selesai makan agar semua makanan dapat dicerna dengan baik dan perut tidak mudah merasa lapar.
2. Jangan pernah melewatkan waktu makan, tetap makan sehari 3 kali..menghilangkan 1 jam makan sama saja anda akan membalas dendam rasa lapar anda dengan menambah porsi 2 - 3 kali lipat dijam makan berikutnya..
3. Hindari minumam dingin, bergula ttidak sederhana..contoh: sirup sukrosa, fruktosa, dll
    lihat pada komposisi produk tersebut.
4. selalu makan buah 10 menit sebelum makan besar, agar menyiasati anda agar tidak makan terlalu banyak.
5. Selalu sesuaikan porsi karbohidrat, lemak dan protein dengan kebutuhan dan aktivitas anda..semboyan makan bijaksana " Makan bagai raja dipagi hari,,makan bagai olahragawan disiang hari,,dan makan bagai simiskin malam hari.." dalam artian makanlah yang sarat akan nutrisi yang lengkap dan seimbang dipagi hari untuk energi anda selama setangah hari, lalu makan yang lengkap dan porsi seimbang disiang hari bagai seorang atlet dengan asupan yang seimbang dan makan malam bagai "si miskin" yang berarti makanlah sesederhana mungkin dimalam hari, karena praktis aktivitas kita hanya beristirahata saja.
6. Jika berkenan makanlah dengan nasi merah yang berserat tinggi dan rendah gula, lalu olah lah makanan lebih sering dikukus, dikuah atau dibakar jangan sering dengan goreng-gorengan.
7. batasi makan malam anda hanya sampai jam setengah 7 malam saja, jika lapar mendera disela wakttu makan isilah dengan singkong atau ubi kukus/bakar, buah - buahan jangan dengan snack apapun karena akan menyebabkan penimbunan lemak dibawah kulit.
8. Selalu berolahraga meskipun ringan tetapi rutin, usahakan olahraga jenis kardiovaskular ( jogging, bersepeda, renang )
9. Jangan tidur sehabis makan,,selalu lakukan aktivitas ringan agar kandungan nutrisi dapat diolah tubuh dan tidak mengendap.
10. Dan selalu buang air minimal sehari 2 kali, agar sisa makanan tidak terserap berlebih oleh tubuh yang akan menyebabkan obesitas dan menjaga nafas mulut anda lebih segar.

Semoga bermanfaat..Hidup sehat jauh lebih baik dan murah teman - teman !!
Wahyu Hidayat

Tidak ada komentar: