Senin, 08 Oktober 2012

Tips Sebelum Memutuskan ke Gym/Fitness Center
Beberapa dari lelaki maupun perempuan pasti malu saat ingin masuk atau menikuti latihan di pusat kebugaran, tentunya dengan berbagai alasan, entah malu karena kondisi fisik, atau pengetahuan yang belum cukup sehingga takut menjadi puat perhatian orang. Saya disini memberi sedikit tips untuk meminimalisir hal tersebut:
1. Siapkan dahulu kondisi kebugaran cardiovascular anda selama 1 - 2 minggu sebelumnya, dengan diisi dengan latihan lari dengan durasi 15 - 45 menit tanpa henti,ditingkatkan secara bertahap. ( dengan maksud, agar anda tidak mudah lelah dan kondisi jantung juga paru - paru anda tetap prima saat memulai latihan beban ditempat fitness sehingga anda tetap fresh dan gak "ngos-ngosan" )
2. beri otot - otot besar anda dengan latihan adaptasi fisiologis, yatu dengan latihan push up, sit up, back up, pull up dan squat dengan beban badan anda sendiri sebanyak 10 - 15 kali ulangan dalam 3 set, sehari minimal lakukan 2 kali ( bangun tidur dan menjelang tidur ), lakukan setiap hari selama 2 minggu dan dengan semangat, ketekunan dan gerakan yang benar otot - otot besar bagian lengan, bahu, dada, prut dan tungkai anda tidak kaget saat melahap latihan beban awal ditempat fitness.
3. jangan mudah percaya rayuan asupan apapun saat ditempat fitness, karena sebaik - baiknya suplemen dan asupan untuk tubuh kita atau untuk membentuk otot kita adalah apa yang sudah diciptakan Tuhan YME esa dengan sangat sempurna. karena tubuh kita tidak baik jika dibiasakan dengan asupan yang bersifat esensial atau berasal dari luar yang bersifat sintetik. hati - hati dengan slogan "DIPERKAYA dengan ......" berarti itu adalah bahan esensial yang bersifat sintetik yang ditambahkan yang sulit diurai dan diserap oleh tubuh kita.
4. Jangan malu atau gengsi dalam menentukan beban, berikan selalu otot kita beban yang ringan dahulu, jika terangkat lebih dari 15 kali dengan gerakan yang benar dan stabil maka boleh ditambah 1/2 dari verat beban tersebut. contoh: jika anda mengawali angkatan bench press dengan 10 kg dan anda kuat mengangkat dengan 15 repetisi maka set berikutnya boleh ditambah 5 kg menjadi 20 kg dengan catatan minimal anda harus kuat mengangkat sebanyak 8 kali, teruskan beba tersebut hingga anda kuat mengangkat 12 - 15 kali dalam 3 - 5 set daru mulai ditambah. ( pengaturan dan pembebaan lebih lengkap dan spesifik bisa hub saya ).
5. Jangan berfikir 1 atau 2 kali ke tempat fitness tubuh anda akan terlihat signifikan, karena baru minimal 3 bulan dengan latihan rutin min. seminggu 3 kali tubuh anda baru mulai terlihata ada perubahan yang positiv, oleh karena itu teguhkan hati dan kuatkan tekad, jika malas bayangkan saat tubuh anda menjadi ideal sesuai yang anda inginkan.

*tips diatas adalah acuan atau hanya sedikit bekal awal untuk menumbuhkan kepercayaan diri kalian, esensi yang terpenting dalam olahraga adalah menggerakkan tubuh kita untuk berkeringat sebanyak mungkin yang berarti megeluarkan racun untuk mnjadi hidup sehat..memperoleh bentuk tubuh yang ideal sesuai dengan keinginan kita adalah suatu bonus dari kerja keras kita..yang penting anda pasti SEHAT dengan Olahraga teratur dan sesuai !!!

SELAMAT MENCOBA, SEMOGA BERMANFAAT .
Wahyu hidayat.

Tidak ada komentar: