Selasa, 09 Oktober 2012

Tetap Bugar Di Usia Yang Tak Lagi Muda.

Dewasa ini kesehatan adalah "barang" mahal yang sangat diidamkan semua orang ditengah ketikharmonisan alam, 
lingkungan dengan tubuh kita, terutama juga para pria ataupun wanita yang sudah berusia diatas 40 tahun menjadikan
olahraga adalah suatu kegiatan yang menyiksa walaupun mereka menyadari pentingnya olaharaga bagi kesehatan mereka diusia yang tak lagi muda, karena semakin tua usia kita maka semakin rentan kita dengan berbagai masalah kesehatan, khususnya penyakit yang diakibatkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat, oleh karena itu saya menawarkan solusi berolahraga yang santai, fun, "tidak menyiksa" dan yang pasti menyehatkan.
Berjalan Kaki, adalah suatu aktivita fisik yang memiliki manfaat begitu besar dengan resiko cedera yang sangat kecil, sebaiknya untuk para wanita maupun pria yang sudah berusia 40 tahun keatas terlebih lagi para lansia olahraga ini sangat efektif tentu saja dengan gerakan yang benar, ditempat yang aman dan olume juga intensitas berjalan kaki yang sesuai dengan usia kita.
Umumnya berjalan kaki yang baik adalah dengan berjalan ditempat yang rimbun dengan pepohonan dengan volume yang sedang dan intensitas yang tinggi sangat baik untuk meningkatkan kualitas aerobic dan kebugaran tubuh kita dan hidup kita, dengan rumusan semakin tinggi usia kita maka intensitas diperkecil atau kecepatan jalan dikurangi. jutaan orang di Amerika sudah membuktikannya dalam setahun dengan lebih dari 1 juta masyarakat Amerika membiasakan dan mengagendakan olahraga jalan kaki bersama keluarga setiap hari dapat meningkatkan mutu hidup dan kesehatan mereka. ( dikutip di The Walking Magazine).

Keuntungan Berjalan Kaki.
1. Mencegah Berbagai Penyakit Ganas
    Berjalan kaki termasuk dalam olahraga aerobic sehingga peran jantung dan paru - paru sangat signifikan selain juga bagian tubuh kita yang lainnya, dengan demikian maka dengan berjalan kaki dengan durasi 30 - 60 menit minimal seminggu 4 kali setidaknya kita akan memperkecil kemungkinan terkena penyakit - penyakit yang disebabkan oleh kurang gerak dan kesalahan dalam pola makan, seperti osteoporosis, pengapuran tulang, jantung koroner, gula darah, stroke, dll.
karena fungsi jantung kita akan bekerja dengan baik dan darah mengalir lancar keseluruh tubuh sehingga tak ada penyumbatan dan dengan gerak yang berkesinambungan kasium yang kita konsumsi akan menjalankan perannya dengan baik yaitu menguatkan tulang bukan sebaliknya menyebabkan pengapuran tulang apabila kalsium terus dikonsumsi tanpa digunakan dengan bijaksana.
2. Menjaga Bentuk Tubuh
    Penelitian membuktikan dengan berjalan kaki minimal 4 kali seminggu dengan sekali berjalan kaki selama minimal 45 menit maka kita akan membakar lemak dan kalori dalam tubuh dengan rata - rata 10 kg dalam 1 tahun, studi pada penggiat olahraga berjalan kaki diAmerika.
3. Mengoptiimalkan Keaktifan Pembuluh Jantung
    Dengan berjalan kaki dalam setiap tingkatan kecepatan 2 - 3 kali dalam seminggu paling tidak selam 30 menit, maka akan meningkatkan ketahanan pembuluh jantung dan meningkatkan ketahanan paru - paru dalam memeompa oksigen. Dengan demikian anda akan semakin kuat dan tahan lama dalam berolahraga yang tentu berbanding lurus dengan ketahanan tubuh anda dalam melaksanakan tugas harian dan pekerjaan anda tanpa merasa lelah yang berarti.
4. Meningkatkan Ketahanan dan Kekuatan Jaringan Ikat dan Otot
    Dengan rutin berjalan kaki maka ketahanan otot akan semakin baik dan meningkat dan diikuti juga dengan kekuatan otot tungkai khususnya dalam beraktivitas akan berangsur menjadi lebih kuat dan tahan lama, begitupun dengan jaringan ikat disetiap persendian akan semakin  sering dilumasi dengan kegiatan berolahraga sehingga jaringan ikat pada setiap persendian akan semakin kuat. ( dengan latihan yang bijaksana tanpa terlalu memaksa tubuh kita ).
5. Bersosialisasi dan Keharmonisan Keluarga Terjaga
    Dengan berolahraga yang santai bersama - sama sebelum berangkat kerja dan saat liburan dengan bersama pasangan anda akan tetap menjaga keintiman anda berdua meski usia tak lagi muda tetapi dengan olahraga berjalan kaki bersama pasangan dan keluarga maka keharmonisan keluarga akan semakin terjaga karena olahraga mengeluarkan zat endorvin yang embuat kita akan merasa senang dan nyaman sehingga komunikasi dengan pasangan akan terjalin lebih baik lagi

Selamat Mencoba, biasakan diri anda selama minimal 21 hari maka bioritme tubuh anda akan terotomatisasi dan pasti sehat . . keterangan lebih lanjut hubungi saya " Wahyu hidayat "

Semoga Bermanfaat . . Salam Sehat Selalu !!

Tidak ada komentar: